System Informasi Manajemen


Sistem Informasi Manajemen adalahKumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian

Tingkatan Manajemen

  1. Tingkat Perencanaan Strategis (strategic planning level).
    • presiden dan wakil presiden, direktur, rektor.
    • Keputusan manajer pada tingkat ini sering kali memiliki dampak pada keseluruhan organisasi selama bertahun-tahun kemudian.
  2. Tingkat Kendali Manajemen (managemen control level)
    • manajer regional, direktur produk, dan kepala divisi.
    • Memiliki tanggung jawab untuk menjalankan rencana dan memastikan tercapainya tujuan. Terkadang disebut juga tingkat taktis
  3. Tingkat Kendali Operasional (operasional control level)
    • Meliputi kepala departemen, penyelia, dan pimpinan proyek-orang-orang yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan rencana yang ditentukan oleh manajer di tingkat yang lebih tinggi.
Pengaruh Tingkat Manjemen Pada Sumber Informasi
Manajer ditingkat perencanaan strategis menempatkan penekanan yang lebih besar pada informasi lingkungan daripada manajer di tingkat lebih rendah, dan manajer ditingkat kendali operasional mengganggap informasi internal adalah yang paling vital.

 Pengaruh Tingkat Manjemen Pada Bentuk Informasi
Manajer tingkat perencanaan strategis lebih menyukai informasi dalam bentuk rangkuman, sedangkan manajer tingkat kendali operasional lebih menyukai informasi yang lebih terinci. 


Pemecahan Masalah dan Pengambilan keputusan

  • Masalah :
    • Kondisi atau peristiwa yang merugikan/menguntungkan atau memiliki potensi untuk merugikan/menguntungkan bagi organisasi.
    • Hasil dari pemecahan masalah adalah SOLUSI
  • Selama proses pemecahan masalah, manajer akan terlibat dalam pengambilan keputusan yaitu tindakan memilih dari berbagai alternatif tindakan.
  • Keputusan adalah tindakan tertentu yang dipilih.
  • Biasanya, pemecahan masalah membutuhkan beberapa keputusan
Tahapan Pemecahan Masalah
  1. Masalah
  2. Aktifitas Intelejen
    • Mencari kondisi2 yang membutuhkan solusi
  3. Aktifitas Perancangan
    • Menemukan, mengembangkan, dan menganalisis kemungkinan 2 tindakan
  4. Aktifitas pemilihan
    • Memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang tersedia
  5. Solusi
  6. Aktifitas Peninjauan : menilai pilihan2  masa lalu.
Masa depan Teknologi Informasi-1
  • Masa depan TI didorong oleh biaya yang rendah dan meningkatnya kekuatan komputer maupun komunikasi.
    • Kekuatan komputer diukur dalam kecepatan pemrosesan, kapasitas penyimpanan data, dan keragaman alat input dan output.
    • Kekuatan komunikasi diukur oleh biaya dan kecepatan transmisi data.
Kesimpulannya : Komputasi akan rendah biaya, berukuran kecil, bergerak, dan terhubung.

Sikap Manajemen = Untuk mengambil keuntungan dari segala kemungkinan perkembangan teknologi informasi maka manajer harus belajar untuk menerapkan sistem informasi ke dalam pengambilan keputusan.

 


No Response to "System Informasi Manajemen"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme